Sangat Mudah, Berikut 5 Cara Melatih Kesabaran Anak

Cara Melatih Kesabaran Anak

Motivasi.lamopi.com - Tidak sedikit anak yang memiliki sifat egois dan tidak sabaran, dan itu menjadi momok yang menyulitkan orang tua dalam mendidiknya.

Sebagai orang tua kita harus melatih kesabaran pada anak, dan hal tersebut harus dilakukan sejak dini. Karena jika tidak dilakukan, dikhawatirkankan bahwa sifat egois tersebut akan terus ada sampai ia dewasa.

5 Cara Melatih Kesabaran Anak

Melatih kesabaran sangatlah mudah. Orang tua hanya perlu tahu beberapa tips efektif yang bisa dilakukan. 

Berikut 5 cara melatih kesabaran anak yang mudah untuk dilakukan. Silahkan simak dengan baik.

1. Jangan selalu menuruti keinginannya

Dengan sikap egoisnya, anak-anak selalu ingin mendapatkan semua yang ia inginkan. Sikap salah orang tua adalah menuruti semua keinginan tersebut. Hal tersebut malah membuat anak akan lebih parah lagi dalam meminta sesuatu kepada orang tuanya. Selain itu, bukan tidak mungkin bahwa sifat tersebut akan ia bawa sampai dewasa.

Karena itulah, sebaiknya orang tua harus cerdas membuat alasan untuk menolak beberapa keinginan anaknya. Hal ini juga akan melatih kesabaran anak dan membuatnya lebih baik lagi.

2. Menunda untuk kebaikan anak

Jika menolak keinginan anak cukup sulit untuk dilakukan. Maka menunda adalah cara alternatif yang paling baik. Contohnya jika anak meminta sesuatu seperti mainan, maka jangan langsung memberikannya saat itu juga maupun keesokan harinya. Suruh ia menunggu dan bilang akan dibelikan 2-4 minggu kemudian.

Cara ini sangat efektif untuk mengajari anak makna dari menunggu. Ia mungkin akan sabar untuk menunggu beberapa waktu karena tahu akan diberikan mainan oleh orang tuanya. Tapi awas, jangan sampai memberi harapan palsu.

3. Latih sambil memancing

Bagi orang dewasa saja memancing memang hal yang menguji kesabaran, apalagi bagi seorang anak. Karena itulah, memancing merupakan salah satu cara yang efektif untuk melatih kesabaran si buah hati.

Tak perlu terlalu sering, ajaklah ia memancing sekitar seminggu sekali secara rutin. Rutinitas yang sudah dibiasakan akan tumbuh menjadi hobi. Jika akan sudah hobi memancing, maka usaha Anda dalam melatih kesabarannya, bisa berhasil dalam waktu yang lebih cepat. Tapi, jangan sampai hobinya ini mengganggu aktivitas lainnya.

4. Ajak bermain puzzle

Cara melatih kesabaran anak yang ke-4 adalah dengan mengajaknya bermain puzzle. Selain untuk melatih kesabaran, bermain puzzle juga bagus untuk meningkatkan daya pikir si anak, sehingga ia bisa lebih kreatif dan cerdas.

Sepertinya tidak akan banyak kesulitan dalam cara ini. Karena bermain puzzle memang seru untuk dilakukan. Jika menggunakan puzzle fisik tidak efisien, maka menggunakan smartphone adalah pilihan terbaik. Karena saat ini pun sudah banyak game-game puzzle yang tersedia di toko aplikasi.

5. Suruh anak untuk menabung

Bukan hanya menabung untuk menyimpan uang, tapi menabung yang saya maksud di sini adalah untuk membeli barang-barang yang ia inginkan. Sebagai contoh jika anak ingin membeli sepeda, maka jangan membelikannya langsung dengan uang Anda. Tapi, suruhlah ia untuk menabung dari uang yang ia dapatkan. Dengan begitu kesabarannya pun akan semakin terlatih.

Tidak hanya untuk melatih kesabaran, menyuruh anak untuk menabung juga bermanfaat untuk pendidikan finansial si anak. Anak tersebut bisa menjadi orang yang hemat dan menghargai apa yang ia miliki.

Nah itulah 5 cara untuk melatih kesabaran anak. Terkadang, sikap sayang orang tua kepada anaknya malah membuat si anak menjadi manja. Karena itulah, semua cara yang saya sebutkan di atas sebaiknya dilakukan tanpa keraguan.

Previous Post Next Post

Formulir Kontak